Home Sastra Saraswati Dewi Ilmu Pengetahuan

Saraswati Dewi Ilmu Pengetahuan

61
0
Saraswati Dewi Ilmu Pengetahuan
Saraswati Dewi Ilmu Pengetahuan

Penggambaran Saraswati

Hindu IndonesiaSaraswati Dewi Ilmu Pengetahuan. Saraswati adalah sakti dari Brahma. Biasa digambarkan sosok wanita cantik, dengan kulit halus dan bersih, sebagai perlambang bahwa ilmu pengetahuan suci akan memberikan keindahan dalam diri (inner beauty kalau orang modern bilang).

Saraswati kadang digambarkan duduk atau berdiri diatas bunga teratai, atau angsa, atau burung merak, atau digambarkan bersama ketiga-tiganya. Wahananya sama dengan Brahma yakni angsa, meski kadang ia juga menunggangi merak.

Dewi Saraswati memiliki empat lengan yang melambangkan empat aspek kepribadian manusia dalam mempelajari ilmu pengetahuan yakni pikiran, intelektual, waspada (mawas diri) dan ego. Di masing-masing lengan tergenggam empat benda yang berbeda, yaitu:

• Lontar (buku), adalah kitab suci Weda, yang melambangkan pengetahuan universal, abadi, dan ilmu sejati.
• Genitri (tasbih / jalma-mala), melambangkan kekuatan meditasi dan pengetahuan spiritual.
• Wina (kecapi / rebab), alat musik yang melambangkan kesempurnaan seni dan ilmu pengetahuan.
• Damaru (kendang kecil).

Wahana Angsa Saraswati sendiri merupakan semacam simbol penguasaan atas Wiweka (daya nalar) dan Wairagya (ketidakterikatan) yang sempurna, karena angsa memiliki kemampuan memilah makanan di antara lumpur (yang tak bisa dimakan) – memilah yang baik dan yang buruk. Angsa juga mampu berenang di air tanpa membasahi bulu-bulunya, yang memiliki makna filosofi, bahwa seorang yang bijaksana bisa hidup layaknya orang biasa tanpa terbawa arus keduniawian.

Halaman Selanjutnya Saraswati dalam Ramayana

Tonton Makna Perayaan Hari Saraswati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here