Home Mantram Manfaat Memuja Dewa Kuvera untuk Kesejahteraan dan Kekayaan

Manfaat Memuja Dewa Kuvera untuk Kesejahteraan dan Kekayaan

45
0
Pemujaan Dewa Kuvera untuk Kesejahteraan
Pemujaan Dewa Kuvera untuk Kesejahteraan

Hindu Indonesia – Manfaat Memuja Dewa Kuvera untuk Kesejahteraan dan Kekayaan. Umat Hindu di Nusantara dikenal sebagai pemuja Dewa Brahma, Wisnu, dan Siwa. Namun mereka mungkin akan sedikit kaget bila mereka mendengar tentang pemujaan terhadap dewa lainnya.

Hal ini sedikit berbeda dengan masyarakat Hindu di India, di mana masyarakatnya melakukan pemujaan terhadap dewa-dewa sesuai dengan kepentingan dan situasi, kondisi dan keadaan wilayah tersebut.

Sejarah Dewa Kuvera.

Di dalam Atharwa Weda disebutkan, Dewa Kuwera pertama kali muncul sebagai pemimpin dari roh-roh jahat, kegelapan. Brahmana Shatapatha menyebut Kuwera sebagai pimpinan dari para pencuri dan penjahat.

Di dalam cerita Mahabharata dijelaskan bahwa Kuwera lahir dari seekor sapi. Pada jaman tersebut Kuwera masih dianggap sebagai assura. Baru kemudian di buku Manusmerti, dia mendapat posisi yang dihormati sebagai pelindung dunia atau Loka-pala.

Menurut beberapa Purana, seperti Gautama Dharmasastra dan Apastamba, bahwa pada awalnya Kuwera adalah seorang manusia. Setelah beberapa waktu akhirnya Kuwera mencapai status kedewataan, dengan sebutan “dewa Kekayaan” dan dewa paling sejahtera.

Kemudian Kuwera mendapatkan berbagai julukan, seperti Loka-pala atau pelindung dunia, penjaga arah utara atau Dik-pala, namun juga kadang-kadang dianggap penguasa arah mata angin di timur, seperti yang disebutkan dalam cerita Ramayana. Begitu juga tentang kedudukan Kuwera sebagai dewa baru disebutkan dalam buku Grihyasutra.

Menurut cerita, Kuwera merupakan saudara tiri dari Rahwana, Kumbhakarna dan Wibisana. Dia menjadi penguasa di daerah Alanka dengan istana yang indah serta kegemerlapan. Hal ini membuat Rahwana iri.

Untuk mengalahkan Kuwera, Rahwana melakukan pemujaan terhadap Dewa Siwa untuk memohon kekuatan, agar bisa mengalahkan Kuwera. Setelah melakukan pemujaan dan pertapaan yang sulit, akhirnya Rahwana mendapatkan kekuatan untuk menandingi Kuwera dan Rahwana akhirnya bisa mengalahkan Kuwera.

Atas kekalahan ini, maka kerajaan dan kendaraan Kuwera, Puspaka Wimana diambil oleh Rahwana.

Kemudian Kuwera meninggalkan Alanka dan mendirikan kerajaannya di Alaka di lembah Himalaya dengan suasana yang sejuk, menawan serta memiliki udara segar dengan bau wangi.

Di lembah Mahameru ini Kuwera didamping para gadis-gadis menawan, cantik dan hidup penuh dengan kemewahan dan disana dia dipuja oleh para “sida”.

Perwujudan dan Bentuk Kuwera

Seperti disebutkan di atas, bahwa Kuwera memang telah dikalahkan oleh Rahwana, namun dia tetap dipuja sebagai penguasa dari kekayaan material, dan Kuwera sering dilukiskan dengan gambaran bertubuh cebol dan gendut, berkaki tiga, bermata satu yang berwarna kuning atau Ekaksipingala.

Hanya memiliki delapan gigi, memakai hiasan permata, membawa kantong uang serta sebuah pentong. Kuwera juga dilukiskan duduk di atas manusia.

Di dalam beberapa Purana, Kuwera dijelaskan bahwa Kuwera memiliki gigi yang rusak, berkaki tiga, memiliki tiga kepala dengan lengan empat, memakai untai permata.

Di Tibet, perwujudan Kuwera sering didampingi dengan musang atau “monggos” sebagai pertanda Kemenangan Kuwera terhadap Naga penguasa kekayaan.

Di buku lain seperti dalam Vishnudharmottara purana dijelaskan, bahwa Kuwera merupakan penjelmaan dari Artha atau kesejahteraan, kemenangan, kejayaan. Lebih lanjut dalam Purana tersebut dijelaskan, bahwa Kuwera hanya memiliki mata kiri saja, memiliki dua taring.

Shakti dari Kuwera bernama Riddhi, dan sering dilukiskan duduk di pangkuan sebelah kirinya dari Kuwera. Di sisi kanan Kuwera biasanya ada “Ratna-patra (tempat permata), gada atau pentong.

Dalam Agni Purana dijelaskan, bahwa Kuwera duduk di atas kambing dengan sebuah pentong atau gada. Kuwera tidak saja dipuja di agama Hindu, tetapi juga di lingkungan agama Jain dan Buddha.

Dalam agama Buddha, Kuwera disebut dengan nama Vaisravana, sedangkan di Jain beliau disebut dengan nama Sarvanubhuti.

Pemujaan Kuwera Untuk Kesejahteraan

Berikut mantra-mantra yang digunakan untuk memuja Kuwera.

Om Shreem Om Hreem Shreem Hreem
Kleem Vitteswaraaya Namah

Artinya, Saya sujud kepadamu Oh Kuwera, Dewa Kekayaan dan kesejahteraan serta penghancur segala masalah dalam hidup ini.

Jika anda ingin mengundang kesejahteraan kedalam hidup anda, ucapkan mantram ini dengan khusuk.

Ketika mengucapkan mantram ini bayangkan anda mendapatkan kesejahteraan dan kebahagiaan materi yang anda inginkan seperti keuangan, rumah, pekerjaan dan lain sebagainya dan memohon kepada dewa kuwera.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here