Home Sejarah Keadaan Bali Tahun 50 Sesudah Masehi Menurut Seorang Musafir dari Yunani

Keadaan Bali Tahun 50 Sesudah Masehi Menurut Seorang Musafir dari Yunani

1176
0
Keadaan Bali Abad 50M Menurut Seorang Musafir dari Yunani
Keadaan Bali Abad 50M Menurut Seorang Musafir dari Yunani

Hindu IndonesiaKeadaan Bali Tahun 50 Sesudah Masehi Menurut Seorang Musafir dari Yunani. Seorang musafir bangsa Yunani (Griek) bernama Yambulos menulis dalam buku catatananya, bahwa ia pernah datang berkunjung ke Bali kira-kira di dalam tahun 50 sesudah Masehi. Ia mengisahkan tentang perjalanannya itu sebagai berikut.

Mula-mula ia beserta dengan beberapa orang kawan-kawannya meninggalkan negerinya belajar, ingin mengetahui keadaan negeri asing. Akan tetapi malang baginya, di tengah-tengah perjalanan perahunya tiba-tiba dilanggar oleh angin taufan.

Beberapa hari lamanya tinggal terumbang-ambing kehilangan pedoman di tengah lautan, akhirnya perahunya itu terdampar di pantai benoa Afrika. Mereka dapat ditawan oleh perampok-perampok bangsa Etopia, sesudah semua perbekalannya habis dirampas, barulah mereka dimerdekakan pulang kembali ke tanah airnya.

Kecelakaan yang dialami oleh mereka itu, ternyata tiada dapat mematahkan semangatnya, didorong oleh hasratnya yang keras hendak mengetahui keadaan dunia luar.

Oleh karena itu mereka bersiap-siap lagi hendak melanjutkan pengembaraanya itu. Sesudah selesai mengatur segala persiapan yang diperlukan, maka mereka bertolak lagi meninggalkan negerinya.

Perjalanannya itu menuju arah ke timur, akhiranya mereka tiba di kepulauan Indonesia. Oleh angin kencang yang datang dengan tiba-tiba melanggar perahunya itu, maka mereka terdampar lagi di pantai pulau Bali.

Yambulos mengatakan, bahwa setelah tiba di Bali, ia dengan kawan-kawannya itu disambut oleh penduduk di sana secara ramah-tamah. Mereka lebih dahulu diantar ke istana, guna menghadap seorang raja yang berkuasa di Bali.

Halaman Selanjutnya

Tonton Video Ciri Kena Leak dan Penyakit Niskala

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here