Home Sejarah Dalem Sidakarya Brahmana dari Keling

Dalem Sidakarya Brahmana dari Keling

653
0
Dalem Sidakarya Brahmana dari Keling
Dalem Sidakarya Brahmana dari Keling

Hindu IndonesiaDalem Sidakarya Brahmana dari Keling. Dalam sumber tertulis yang mengungkap sejarah Dalem Sidakarya adalah “Lontar Bebali Sidakarya” yang merupakan koleksi dari Ida Pedanda Gede Nyoman Gunung dari Biau, Desa Muncan, Karangasem.

Dalam Babad Sidakarya yang disusun I Nyoman Kantun, S.H., M.H. dan Drs. I Ketut Yadnya dinyatakan, Brahmana Keling merupakan sebutan salah seorang pendeta dari Jawa Timur.

Secara ringkas dituturkan bahwa Ida Dalem Sidakarya adalah seorang Brahmana wulaka keturunan sakya dari Keling atau disebut dengan Brahmana Keling.

Disebut Brahmana Keling karena berasal dari daerah Keling, Jawa Timur. Brahmana Keling adalah putra Dang Hyang Kayumanis, cucu dari Mpu Candra, kumpi dari Mpu Bahula dan cicit dari Mpu Beradah.

Sampai saat ini belum ada yang tahu nama asli Brahmana Keling. Karena berasal dari Keling maka beliau disebut Brahmana Keling.

Brahmana Keling ini merupakan putra dari Dang Hyang Kayu Manis yang merupakan nabe dari Ida Dalem Waturenggong yang menjadi raja di Bali yang berkedudukan di Gelgel, Klungkung.

Sebelum pergi ke Bali, Brahmana Keling pernah memimpin upacara selamatan dengan sukses di Madura.

Sekembalinya ke Jawa, ketika beliau sedang asyik menikmati panorama Selat Bali, datanglah ayah beliau (Dang Hyang Kayu Manis) yang baru datang dari Gelgel, Bali, dimana Keraton Gelgel Klungkung diperintah oleh Dalem Waturenggong.

Mendengarkan hal itu, maka Brahmana Keling segera pergi ke Bali.

Dikisahkan, Brahmana Keling pergi ke Bali. Tak diceritakan perjalanan dari Jawa ke Bali, sampailah beliau di Keraton Gelgel, Klungkung untuk menemui sang raja.

Halaman Selanjutnya

Tonton Video Hindu di Negara Asal Ghandari

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here