Home Sastra Brahma, Sang Pencipta

Brahma, Sang Pencipta

131
0
Brahma Sang Pencipta
Brahma Sang Pencipta

Hindu IndonesiaBrahma, Sang Pencipta. Brahma (Sanskrit: ब्रह्मा, IAST: Brahmā) adalah Sang Pencipta alam semesta. Brahma juga dikenal dengan Svayambhu (Yang Terlahir Sendiri), Vāgīśa (Dewa dari semua bahasa), Pencipta Weda yang keluar dari setiap mulut dari Brahma. Brahma memiliki sakti bernama Saraswati dan merupakan ayah dari Catur Kumara, Narada, Daksha, Marici dan banyak lagi.

Brahma juga dikenal dengan Vedanatha (Dewa Veda), Gyaneshwar (Dewa Ilmu Pengetahuan), Chaturmukha (yang memiliki 4 wajah) Svayambhu (yang terlahir sendiri), Brahmanarayana (setengah Brahma dan setengah Wisnu), Kama Hiranyagarbha (telur Alam Semesta).

Brahma merupakan bagian dari Tri Murti, Brahma Wisnu dan Siwa. Bebrapa Purana menjelaskan dia tercipta dari bunga Padma yang tumbuh di Pusar Wisnu.

Beberapa Purana juga menyebutkan bahwa Ia lahir dari Siwa atau aspek dari siwa.

Menurut ajaran agama Hindu, Brahma adalah Dewa pencipta. Dalam filsafat Adwaita, ia dipandang sebagai salah satu manifestasi dari Brahman (sebutan Tuhan dalam konsep Hinduisme) yang bergelar sebagai Dewa pencipta. Dewa Brahma sering disebut-sebut dalam kitab Upanishad dan Bhagawadgita.

Kata Brahma memiliki arti: yang tumbuh, berkembang, berevolusi, yang bertambah besar, yang meluap dari dirinya. Dalam beberapa sumber, Nama Dewa Brahma diidentikan dengan nama Agni (api).

Halaman Selanjutnya Kisah Kelahiran Brahma

Tonton Makna Perayaan Hari Saraswati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here