Home Sastra Kondisi Neraka, Kisah Perjalanan Menuju Neraka Dalam Hindu

Kondisi Neraka, Kisah Perjalanan Menuju Neraka Dalam Hindu

1180
0
Kondisi Neraka, Kisah Perjalanan Menuju Neraka Dalam Hindu
Kondisi Neraka, Kisah Perjalanan Menuju Neraka Dalam Hindu

Hindu IndonesiaKondisi Neraka, Kisah Perjalanan Menuju Neraka Dalam Hindu. Perjalanan di mulai dari sebuah wilayah yang disebut dengan nama Ayatanastana, “ikang loka pantaraning swarga lawan naraka”, yaitu sebuah wilayah perbatasan diantara surga dan neraka.

Ayatanastana adalah sebuah tempat dimana para pitara atau para roh orang yang telah meninggal di periksa dan adili, untuk kemudian dibawa ketempat yang sesuai dengan karmanya.

Apakah yang bersangkutan layak mendapatkan kebahagiaan surga atau siksa hukuman neraka.

Di tempat ini pula tampak roh atau para pitara yang tengah tergantung, dengan posisi kepala dibawah dan kaki diatas, yang terikat di sebuah batang bambu, yang mana dibawahnya adalah jurang yang sangat dalam.

Seekor tikus tampak menggigit dan menggeroti batang bambu tersebut. Hukuman siksa “megantungan petung sawulih”  ini dikatakan akibat dari putusnya keturunan yang bersangkutan. Sungguh pemandangan yang sangat mengiris hati.

Dari Ayatanastana, ke arah selatan adalah arah menuju ke neraka. Dari kejauhan tampak wilayah neraka, namun samar-samar, karena begitu jauh dan luasnya.

Jalanan yang dilalui untuk menuju ke neraka sangat berbahaya dan menakutkan. Dengan jurang-jurang yang sangat lebar dan dengan kedalaman yang tidak dapat diukur, serta kegelapan yang bagaikan tak pernah putus.

Batu-batu besar menggelinding dan meluncur kencang, menimpa, menabrak dan meremukan siapapun yang tak waspada saat melintas. Tampak ada banyak sekali roh-roh yang tidak bisa melewati tempat ini.

Di tengah jalan secara tiba-tiba muncul kobaran api yang membara sangat besar, “apui umurub angarab-arab”, yang menghalangi dan merintangi perjalanan. Begitu panasnya membuat keringat mengucur deras dan kulit mengkerut.

Api itu membakar dan menghanguskan siapapun yang berusaha lewat di tempat itu. terdengar jeritan kesakitan  para roh yang yang terbakar.

Halaman Selanjutnya

Tonton Video Ternyata Ada Hindu di Arab Saudi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here