Home Sastra Sad Ripu Enam Musuh Dalam Diri Manusia

Sad Ripu Enam Musuh Dalam Diri Manusia

367
0
Sad Ripu Enam Musuh Dalam Diri Manusia
Sad Ripu Enam Musuh Dalam Diri Manusia

Hindu IndonesiaSad Ripu Enam Musuh Dalam Diri Manusia. Manusia yang hidup di dunia akan memiliki musuh yang dinamakan Sad Ripu.

Sad ripu berasal dari kata sad yang berarti enam dan ripu yang berarti musuh. Jadi secara harafiah, Sad Ripu memiliki arti enam musuh.

Musuh yang dimaksud adalah musuh yang berasal atau bersumber dari dalam diri manusia sendiri. Sebagaimana tercantum dalam kekawin Ramayana, Bab I (Wirama Sronca), bait 4 sebagai berikut :

“Ragadi musuh mepareng Rihati ya tongwanya tan madoh riawak Yeka tan hana ri sira Prawira wihikan sireng niti”

Artinya : Keinginan (kama) dan semua jenis musuh yang terdekat yang ada di dalam hati (Pikiran) tempatnya tidak jauh dari badan sendiri Yang semacam itu tidak ada dalam diri beliau (Dasarata) sifat ksatria yang dimilikinya,serta pintar dalam menjalankan pemerintahaan.

Sesungguhnya Sad Ripu tersebut bibitnya telah terbawa bersamaan dengan karma wesana sejak kelahiran.

Demikian juga Sad Ripu akan selalu muncul akibat perpaduan dari Tri Guna, terutama pada sifat Rajas dan Tamas, hal inipun akibat rangsangan benda-benda dan pengaruh lingkungan hidupnya.

Maka wiweka-pengetahuan disertai dengan sifat satwam lah sebagai pengendalinya. Perpaduan rajas dan tamas sebagai perangsang munculnya Sad Ripu yang tak bisa diredam dengan satwam dan dharma akan menghasilkan asubha karma (perbuatan buruk), namun sebaliknya apabila dapat diatasi dengan Satwam dan Dharma, yang muncul adalah subha karma ( perbuatan baik).

Sebagaimana dijelaskan dalam petikan kekawinan Ramayana di atas, bahwa semuanya bersumber dari diri kita sendiri, kuncinya tergantung dari kemampuan, pengetahuan, dan pikiran untuk mengatasi dan mengarahkannya.

Halaman Selanjutnya Bagian Sad Ripu

Tonton Video Ternyata Ada Hindu di Arab Saudi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here