Home Sastra Bhima Ke Swargaloka, Keadaan Surga dan Neraka

Bhima Ke Swargaloka, Keadaan Surga dan Neraka

302
0
Bhima Ke Swargaloka, Keadaan Surga dan Neraka
Bhima Ke Swargaloka, Keadaan Surga dan Neraka

Hindu IndonesiaBhima Ke Swargaloka, Keadaan Surga dan Neraka. Dikisah, Dewi Kunti bermimpi didatangi atma Pandu dan Dewi Madri. Mereka minta tolong agar dibebaskan dari siksa api neraka.

Kunti menyampaikan mimpi itu kepada anak-anaknya, dan diputuskan agar Bhima menyambangi ke Swarga loka.

Purnama, dalam suatu prosesi yang hening, perjalanan Bhima Swarga dimulai. Bhima diiringi dua abdinya Merda dan Twalen melesat ke langit.

Diangkasa, setelah melalui marga sanga (sembilan persimpangan jalan) di sanalah swarga loka berada, di bumi antah karana, di bumi yang menyebabkan sebab segala sebab.

Dari sembilan jalan di persimpangan tersebut ada empat jalan yang benar-benar menuju swarga loka. Sampai di tegal penangsaran (kuburan maha luas) tempat para roh menunggu giliran menghadap Bhatara Yama untuk menentukan apakah sang roh harus masuk surga atau ke neraka.

Baca juga

Dalam penantian itu, para roh menerima hukuman sesuai karma-nya. Ada yang disebut atma lara (atma yang sengsara), atma drwaka (atma yang serakah), atma sangsaya (atma yang senantiasa curiga), atma babotoh (atma penjudi) dan sebagainya.

Inilah perjalan spiritual Bhima, yang memberikan pengalaman bathin tentang pelaksanaan sangksi bagi para atma sesuai perbuatan yang dilakukan saat menghuni raga manusia di mayapada.

Halaman Selanjutnya

Tonton Video Hindu Maha Mrityunjaya Mantra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here