Home Pura Sejarah Pura Lempuyang Luhur Langgar Pantangan, Bisa ”Sengkala”

Sejarah Pura Lempuyang Luhur Langgar Pantangan, Bisa ”Sengkala”

641
0
Sejarah Pura Lempuyang Luhur Langgar Pantangan, Bisa ”Sengkala”
Sejarah Pura Lempuyang Luhur Langgar Pantangan, Bisa ”Sengkala”

Hindu IndonesiaSejarah Pura Lempuyang Luhur. Pura Lempuyang Luhur merupakan salah satu pura Agung yang terdapat di Bali, Pura Lempuyang Luhur terletak di Desa Purahayu Kecamatan Abang, Karangasem.

Di Bukit Gamongan atau di puncak bukit Bisbis, sebagai tempat suci untuk memuliakan dan memuja Ida Sanghyang Widhi Wasa dalam perwujudannya sebagai Iswara.

Pura ini berstatus sebagai salah satu “Sad Kahyangan Jagad” sehingga dengan demikian jelas bahwa pura ini merupakan penyungsungan jagat yg terletak pada arah Timur pulau Bali.

Dengan demikian dilihat dari segi letak, dapat dijelaskan bahwa fungsi dari pura ini sebagai perlambang untuk menjaga keseimbangan alam semesta.

Dalam peta wisata Bali, pura Lempuyang Luhur menjadi tujuan mendaki yang cukup menarik bagi wisatawan, terutama mereka yang menginap di wilayah Bali Timur seperti Amed, Tirtagangga dan Candidasa, karena lokasinya berdekatan.

Berdirinya Pura Lempuyang Luhur ini tidak dapat dipisahkan dengan peristiwa turunnya “Bhatara Tiga” pada zaman dahulu dari gunung Semeru di Bali dan kejadian-kejadian sesudah peristiwa tersebut.

Dari sekian banyak sumber, ada baiknya dikutip tiga buah diantaranya, yaitu:

Halaman Selanjutnya Pura Lempuyang dalam Babad Pasek

Tonton Video Ternyata Ada Hindu di Arab Saudi

Recent search terms:

  • sejarah pura lempuyang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here