Home Sastra Virabhadra Awatara Shiva Turun Ke Bumi

Virabhadra Awatara Shiva Turun Ke Bumi

209
0
Virabhadra
Virabhadra

Hindu IndonesiaVirabhadra Awatara Shiva Turun Ke Bumi. Dan Mahadewa mengeluarkan dari mulutnya, sesosok makhluk mengerikan, yang hanya dengan melihat wujudnya saja bisa membuat seluruh rambut seseorang berdiri tanpa terkecuali. Kobaran api yang memancar dari tubuhnya membuatnya terlalu mengerikan untuk dipandang. Ia memiliki banyak lengan dan setiap lengannya memegang senjata yang memancarkan ketakutan bagi siapapun yang menatapnya. “Aku dikenal sebagai Virabhadra, dan aku lahir dari amarah Sang Rudra (Siwa). Wanita ini (yang adalah temanku), dikenal sebagai Bhadrakali dan ia lahir dari murka para dewi.”
(Santi Parwa: Mokshadharma Parwa: Bagian CCLXXXIV)

Virabadhra … adalah wujud lain/awatara Bhatara Siwa yang sangat ditakuti oleh dewa-dewa lainnya setelah apa yang ia lakukan di upacara korban yang dilakukan oleh Daksha. Latar belakang kemunculan awatara ini dimulai ketika Daksha yang mengadakan suatu yajna (upacara korban besar-besaran) secara sengaja tidak mengundang Sati dan Siwa, sebagai wujud ketidaksetujuannya atas pernikahan dua pasangan itu.

Sati merasa ayahnya sebenarnya mengundang mereka dan membujuk Siwa untuk ikut bersamanya ke upacara itu, tapi Siwa menolaknya. Siwa beranggapan bahwa dengan tidak mengundang mereka secara langsung (maupun tidak langsung), Daksha sama sekali tidak ingin mereka berdua hadir di sana.

Tapi karena Sati merasa dirinya bakal dicap sebagai anak kurang ajar dan tidak berbakti jika tidak menghadiri upacara ayahnya, tetap bersikeras pergi. Dengan didampingi beberapa gana, Sati turun dari Kailash dan menuju istana Daksha.

Daksha sendiri memang sengaja tidak mengundang anak dan menantunya itu karena secara umum, Daksha tidak pernah menyetujui pernikahan Sati dan Siwa. Daksha dan Siwa adalah dua kutub yang saling berlawanan.

Halaman Selanjutnya

Tonton 25 Kuil Hindu Terindah Di Dunia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here