Home Pura Sejarah Pura Goa Giri Putri

Sejarah Pura Goa Giri Putri

13214
0
Pura Goa Giri Putri
Pura Goa Giri Putri

Keunikan Pura Goa Giri Putri

Di Bali, banyak terdapat goa yang berfungsi sebagai tempat pemujaan. Dalam salah satu goa di Nusa Penida, ada Pura Goa Giri Putri.

Keunikan apa saja yang bisa disimak dari keberadaan pura Kahyangan Jagat yang terletak di Dusun Karangsari, Desa Pakraman Suana, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung ini?

Konon, di zaman Neolithikum dulu manusia hidup tanpa norma, tanpa kaidah, hingga berlaku suatu pola normatif homo-homini lupus — manusia satu menjadi “serigala” bagi manusia yang lain, lantas berlaku hukum rimba, siapa kuat dia menang.

Tiap orang berusaha mempertahankan hidup dari keganasan alam, seperti amukan binatang buas, hujan lebat, terjangan angin, dan sengatan sinar mentari.

Lalu mereka perlu tempat perlindungan dan reproduksi keturunan demi keberlangsungan hidup.

Baca Sejarah Ratu Gede Mecaling Dalem Nusa

Selain penggunaan goa seperti itu, goa juga konon dijadikan tempat bertapa untuk memohon anugerah langsung dari para dewata.

Dalam goa umumnya terdapat aliran sungai, kelelawar, ular, dan stalagnit (endapan menyerupai batu tumbuh dari bawah goa mengarah ke langit-langit goa) maupun stalagtit (endapan yang menyerupai bebatuan, muncul dari dinding/langit-langit goa mengarah ke lantai goa).

Dalam perkembangannya, manusia memikirkan pola kehidupan baru dengan pola permukiman tetap serta dukungan teknologi yang kian canggih agar mampu mewujudkan kehidupan yang lebih baik. Meski kehidupan kian modern, namun kenyataan menunjukkan bahwa tradisi prasejarah atau kebudayaan di dalam goa tetap eksis dengan fungsi yang terus berkembang atau berubah.

… Halaman Selanjutnya Asal Usul Nama Goa Giri Putri

Tonton Video Hindu di Serambi Mekah Aceh

Recent search terms:

  • deskripsi pura goa giri putri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here